Tips Menghafal Surah al-Isra

Tips menghafal surah al-Isra terbagi menjadi tips umum dan khusus. Surah al-isra’ merupakan surah yang ke-17. Dalam  menghafal al-quran yang sudah sampai disurah al-Isra, pasti banyak melewati bayak tantangan dan kesulitan.

Para calon hafizh qur’an mengerti benar, bahwa menghafal al-quran bukanlah sesuatu yang ringan. Banyak dari para penghafal al-quran yang berhenti tidak samapi 30 juz. Tahukah teman-teman calon hafizh qur’an bahwa surah al-isra termasuk kategori surah yang panjang, walaupun tak sepanjang surah al-baqarah??

 

Tips Menghafal Surah al-Isra, tips umum :

1. Menguatkan niat hanya pada allah swt
2. Sudah selesai bin-nadzro al-Quran
3. Menghindari distraksi atau multitasking. maksudnya tidak menjadikan Menghafal Al-Quran sebagai tujuan utama. Mempunyai banyak kesibukan.
4. Membuat target hafalan. akan tetapi target yang dimaksud adalah bisa dicapai, sesuai akal sehat.
5. Membuat jadwal Menghafal Al-Quran dan murojaah Al-Quran.

 

Tips menghafal Surah al-Isra, tips Khusus

  1. Perhatikan permulaan surah

  2. Baca terjemahan surah al-isra

  3. Perhatikan ayat-ayat yang mirip dengan surah yang lain.

  4. Setelah selesai setoran, ulangi halaman yang dihafal sebanyak-banyaknya.

  5. Apabila sudah terkumpul 1juz, maksudnya juz 15. ulangilah sebanyak 41kali dengan menuutup mushaf atau disimak teman.

 

Baca: artikel terkait tips menghafal al-Quran cepat.

 

Hafizh qur’an – istilah hafidz berasal dari bahasa arab yang artinya adalah menjaga jangan sampai rusak, memelihara atau melindungi.

حفِظَ يَحفَظ ، حِفْظًا ، فهو حافظ وحفيظ مَحْفوظ

sedangkan kata hifdun ( huruf fa disukun) artinya penjagaan perlindungan atau memelihara. apabila digandeng dengan kata lain hafadho ‘alaih artinya memperhatikan atau mementingkan. dari pernyataan di atas. dapat diketahui bahwa menghafal lawan katanya adalah melupakan, tidak menjaga, lalai untuk memelihara.

 

Beberapa surah dalam pembukaan dimulai dengan bacaan tasbih, alhamdu, huruf munqotho’ah. Pada pembukaan surah al-Isra’ di awali bacaan tasbih dengan shigat isim masdar “سُبۡحَٰنَ”. Sedangkan surah yang lain, yaitu: al-Hadid, al-Hasyr, ash-Shof, al-Jumuat, at-Taghabun, al-Isra’, al-A’la. Dengan shighat yang berbeda.

 

Perhatikan pembukaan ayat pertama saat menghafal Surah al-Isra.

• Shigat fi’il madhi “سَبَّحَ” pembukaan surah al-Hadid, al-Hasyr, ash-Shof.
• Shigat fi’il mudhari’ “يُسَبِّحُ” pembukaan surah al-Jumu’at, at-Taghabun.
• Shigat fi’il amar “سَبِّحِ” pembukaan surah al-A’la.

 

Menurut para guru dan dari beberapa buku yang admin mediatahfizh.com  baca, bahwa murojaah lebih diutamakan daripada menambah hafalan. Makanya penulis  mediatahfizh.com menghidangkan tips mudah murojah ayat-ayat yang  mirip di al-quran. silahkan dibaca artikel Tips menghafal surah al-Isra di bawah ini.

 

Para calon hafizh sangat lebih baik, agar mereka memahami alur cerita  penalaran dalam surah al-Isra. apa isi surah al-Isra?  hal ini penting sekali, agar mereka terhindar dari keraguan dan terbola-balik kata dan hurufnya.

 

misalnya surah al-Isra itu menceritakan: Kisah isra’ nabi muhamad saw. kisah bani israil, karena kisah ini tersebar dalam berbagai surah. perintah dan hukum allah swt untuk menepati janji, menjaga kejujuran timbangan dan takaran, perintah solat lima waktu.

 

a. Surah al-Isra: 2 dan as-Sajadah: 23-24.

Perhatikan ayat di bawah ini.

ayat ayat yang mirip
Tips Menghafal Surah al-Isra

Supaya mudah untuk mengingatnya, ikatlah dengan kesamaan huruf. Kunci pengingat huruf hamzah pada kata أَلَّا dan nama surah al-Isra, sama-sama memiliki huruf hamzah.
Kemudian ja’alna dan nama surah as-Sajadah adalah sama-sama memiliki huruf Jim.

 

b. Surah al-Isra: 9 dan al-Kahfi: 2.

Kesulitan pada saat murojaah adalah sering tertukarnya kata kabiro dan kata hasanah.

ayat ayat yang mirip
ayat ayat yang mirip

tips menghafal surah al-isra selanjutnya. Untuk memudahkan mengingatnya, jadikan kesamaan huruf ro sebagai kunci, antara kata kabiro dan al-Isra sama-sama memiliki huruf ra.

 

c. Surah al-Isra: 17  dan al-Furqon: 58.

Ketika menghafal surah al-Isra dan murojaah sering tertukar, karena terdapat tambahan kata bashiro dalam surah al-Isra.

وَكَمْ أَهْلَكْنَا مِنَ الْقُرُونِ مِنْ بَعْدِ نُوحٍ ۗ وَكَفَىٰ بِرَبِّكَ بِذُنُوبِ عِبَادِهِ خَبِيرًا بَصِيرً    الإسراء١٧
وَتَوَكَّلْ عَلَى الْحَيِّ الَّذِي لَا يَمُوتُ وَسَبِّحْ بِحَمْدِهِ ۚ وَكَفَىٰ بِهِ بِذُنُوبِ عِبَادِهِ خَبِيرًا  الفرقان-٢٥

Ikatlah dengan kesamaan huruf ra yang difathah. Ikatlah kata bashiro dan surah al-Isra adalah huruf ra’-nya sama-sama difathah. Berbeda huruf ra pada nama surah al-Furqon, ra-nya disukun.

 

Baca juga: cara cepat menghafal surah al-baqarah.

 

 

Terakhir Tips menghafal surah al-Isra niatlah menghafal karena Allah Subhanahu Wata’ala dan teruslah istiqomah untuk selalu wirid membaca hafalan Al-Qur’an.

 

Terimaksih telah membacanya. sumber: Buku Ayat Ayat Yang Mirip DI al-Quran.

Share

1 thought on “Tips Menghafal Surah al-Isra”

Leave a Comment